PELIHARA HUBUNGAN KASIH ANDA

PELIHARA HUBUNGAN KASIH ANDA

Wahyu 3:11

Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.

APA YANG HARUS DIPEGANG DAN DIPELIHARA?

  • Hubungan kasih dengan Tuhan, yaitu FAITH,
  • Hubungan kasih dengan keluarga, yaitu FAMILY, dan
  • Hubungan kasih dengan para sahabat, yaitu FRIENDS

Yohanes 3:16

Bilamana kita percaya kepada Tuhan maka kita memperoleh hidup yang kekal.

Roma 8:28

Namun bilamana kita mengasihi Tuhan, kita akan menikmati segala berkat yang disediakan Tuhan bagi kehidupan kita: Allah akan turut bekerja dalam segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan.

1 Korintus 2:9

Allah menyediakan segala potensi dan berkat-berkat yang tidak terduga di dalam hidup orang yang mengasihi Dia 

Yakobus 1:12

dan Allah menyediakan mahkota kehidupan bagi orang yang mengasihi Dia bilamana bertahan dalam pencobaan.

3 (tiga) faktor penting yang menyebabkan Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus berkaitan dengan FAITH, FAMILY, dan FRIENDS.

 

1. Faith (Iman)

Maria, Martha dan Lazarus mempunyai hubungan yang baik, dekat dan penuh kasih kepada Tuhan, mereka pun percaya bahwa Tuhan mengasihi mereka (Yohanes 11:1-5). Sekalipun mereka mempunyai hubungan kasih dengan Tuhan, Lazarus pun tidak lepas dari “masalah,” ia menderita sakit keras dan mati.

Bilamana kita mempunyai hubungan yang dekat dan penuh kasih dengan Tuhan; kita akan mempunyai keberanian untuk berdoa dan percaya bahwa Tuhan akan menjawab doa kita (1 Yohanes 3:21-22).

Apabila Anda memiliki hubungan yang baik, dekat dan penuh kasih dengan Tuhan maka Anda akan membawa segala perkara Anda kepada Tuhan dan Tuhan akan mengubah situasi Anda (Yohanes 15:7).

Sekalipun Lazarus sudah mati dan dikuburkan selama 4 hari, seolah tidak ada harapan lagi namun saat Tuhan hadir di sana, Lazarus pun dibangkitkan dari kuburnya.

Menurut Hukum Taurat, seorang imam janganlah menajiskan diri dengan orang mati di antara orang-orang sebangsanya (Imamat 21:1).

Coba perhatikan, betapa besar kasih Yesus kepada Lazarus sampai Dia rela mendekati kubur Lazarus. Bukankah kuburan adalah sesuatu yang harus dihindari dan dijauhkan oleh seorang imam supaya ia tidak menjadi najis? Namun oleh karena Kasih-Nya yang begitu besar maka Dia rela melakukan hal-hal yang sulit bahkan mustahil.

Anda harus memelihara FAITH, dengan membangun kesadaran bahwa Anda dikasihi dan berharga di mata Tuhan supaya kita bisa mengasihi Tuhan dan jatuh cinta terus menerus kepada Tuhan setiap hari.

Manusia sebagai mahkluk ciptaan Tuhan, yang diciptakan segambar dengan Allah memiliki kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Manusia tidak bisa hidup tanpa mencintai. Dan hal mencintai inilah yang akan menentukan nasib masa depan hidup manusia. Apabila manusia salah dalam hal mencintai: manusia hanya mencintai dirinya sendiri, mencintai uang dan kesenangan dunia, di mana maka ia akan mengalami masa sukar di masa depannya (2 Timotius 3:1-5).

Namun apabila manusia mencintai Tuhan, dan sepanjang Anda jatuh cinta kepada Tuhan Yesus dan Anda mau hidup sesuai dengan rencana-Nya maka Anda akan menikmati segala berkat yang disediakan dalam hidup Anda.

Lazarus, Maria dan Martha, mereka sangat mengasihi Tuhan. Dan Tuhan Yesus pun sangat mengasihi mereka. Tuhan melihat mereka sebagai orang yang mempunyai iman sebab mereka, orang-orang yang mengasihi Tuhan. Iman inilah yang menyebabkan Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kuburnya.

Iman Anda yang ditunjukkan dengan Anda mempunyai hubungan yang baik, dekat dan penuh kasih kepada Tuhan itulah yang menyebabkan Tuhan Yesus menyelamatkan Anda, menyembuhkan Anda, memulihkan Anda dan memberkati kehidupan Anda. “Sebab oleh kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,” “Sebab tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah…” (Efesus 2:8, Ibrani 11:6).

2. Family (Keluarga)

Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus, oleh karena peran keluarganya dalam hal ini Maria dan Martha. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan hidup Anda, dan dukungan keluarga ini pun sangat dibutuhkan terlebih pada saat-saat Anda menghadapi kesulitan dan pergumulan.

Tuhan menyatakan Kasih-Nya kepada Anda melalui keluarga Anda. Dukungan keluarga dapat memelihara iman dan semangat juang Anda untuk meraih keberhasilan dan kemenangan dalam hidup Anda. Alangkah pentingnya memelihara hubungan kasih di tengah-tengah anggota keluarga Anda. Anda pun dapat menyatakan kasih Tuhan lewat perkataan yang ramah dan sopan; perbuatan baik dan suka membantu di tengah-tengah keluarga Anda.

Peliharalah dan peliharalah kasih Kristus dengan hidup dalam kasih, suka saling mendoakan; saling menolong dan saling membangun iman. Di sinilah kunci untuk mengalami pelipatgandaan mujizat.

Di dalam Perjanjian Lama Ishak mengalami masa kelaparan yang hebat. Namun Ishak justru diberkati Tuhan dan menjadi sangat kaya di tengah-tengah masa sulit itu. Apakah yang menyebabkan Allah memberkati Ishak dan membuatnya menjadi sangat kaya di tengah masa sulit?

Oleh karena Ishak memelihara Iman (faith) kepada Allah, di mana ia memiliki hubungan baik, dekat dan penuh kasih kepada Tuhan sehingga Tuhan pun menunjukkan kasih-Nya kepada Ishak dengan memberi nasehat jangan pergi ke Mesir dan tetap tinggal di Gerar. Selain daripada itu, peran dan dukungan keluarga (family) dalam hal ini Ishak memiliki hubungan yang baik, dekat dan penuh kasih dengan Ribka, istrinya.

Demikian juga halnya dengan Lazarus, peran keluarga dalam hal ini Maria dan Martha yang menyebabkan Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kuburnya.

3. Friends (Para Sahabat)

Dukungan para sahabat sangat besar artinya dalam menunjang sukses Anda baik itu dalam kehidupan keluarga, pekerjaan, study, mau pun pelayanan. Dukungan para sahabat itu adalah bentuk pernyataan kasih Kristus kepada kita.

Bukankah para sahabat Lazarus, yaitu orang-orang Yahudi inilah yang menyebabkan hati Yesus menjadi masygul. Ketika mereka berkata: “Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya.” Dan sahabat yang lain berkata: “Ia yang memelekkan mata orang buta, tidak sanggupkah Ia bertindak, sehingga orang ini tidak mati?” (Yohanes 11:36-38).

Dukungan para sahabat biasanya diberikan sebagai respon karena Anda telah membangun hubungan yang baik, dekat dan oenuh kasih dengan mereka. Tuhan dapat memakai para sahabat untuk menyatakan kasih-Nya kepada kita. Dan kita pun dapat menjadi wakil Kristus dengan menjadi sahabat yang baik bagi para sahabat kita.

Anda membangun hubungan baik, dekat dan penuh kasih dengan para sahabat melalui persekutuan di dalam Kristus.

Ibrani 10:25

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Tuhan Yesus memberkati.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.