Hikmat Dalam Perkataan

Hikmat Dalam Perkataan

Amsal 18:21,

“Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya (kematian atau kehidupan).”

Nasib dan masa depan kita sangat ditentukan oleh seberapa besar kemampuan kita mengendalikan mulut. Kita bisa dipercayakan Tuhan jiwa-jiwa, perkara-perkara besar dan sesuatu yang mulia apabila kita bisa mengendalikan mulut.

Saat kita sudah menjadi orang Kristen, sebenarnya hal pertama yang harus ditangani adalah berusaha untuk menjauhkan diri dari mulut DUSTA. Jika kita masih suka mengucapkan perkataan tidak sesuai fakta, seperti fitnah dan berdusta, kita membuka pintu bagi iblis untuk menghancurkan hidup kita dan orang lain. Pekerjaan iblis yang utama adalah berdusta. Dan senjata iblis adalah perkataan dustanya, oleh sebab itu iblis disebut bapa pendusta.

Perkataan adalah wadah bagi kuasa. Perkataan membawa entah kuasa untuk menciptakan atau menghancurkan.

Kita seharusnya belajar mengucapkan kata-kata yang baik, dan membangun supaya orang yang mendengarkan perkataan itu menerima kehidupan, kehidupan di dalam hubungan mereka, di dalam pekerjaan, di dalam pelayanan mereka dan di dalam segala bidang kehidupan mereka.

Tuhan Yesus berkata bahwa firman-Nya adalah roh, dan hidup (Yohanes 6:63). Kita tidak boleh mengucapkan kata-kata yang jahat, mematikan kehidupan orang lain, kata-kata yang melukai orang lain.

Amsal 18:21 adalah ayat yang sangat akrab buat kita, tetapi saya selalu diberkati oleh ayat ini setiap kali saya membacanya. Ayat ini berbicara tentang kematian dan kehidupan yang ada di dalam kekuasaan lidah dan bagaimana orang yang menggemakannya akan memakan buahnya, entah kematian atau kehidupan.

Tuhan memberikan mulut kepada kita bukan untuk menyakiti orang lain dengan terlibat dalam ucapan yang negatif, gosip, menghakimi, mencela, memfitnah. Ia memberikan mulut kepada kita untuk mengasihi orang melalui perkataan kita yang memberi semangat, positif, dan memberi kehidupan.

Ingatlah, perkataan Anda memiliki kuasa.

Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.