GBI MUSI PALEM INDAH
Doa, Pujian dan Penyembahan

KEKUATAN KASIH KARUNIA & BERKAT TUHAN

KEKUATAN KASIH KARUNIA & BERKAT TUHAN
Keluaran 33:16 Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?"
 
Kita membutuhkan kasih karunia Tuhan Yesus Kristus. 1). Oleh Kasih karunia Tuhan,  kita diselamatkan oleh iman.
Efesus 2:8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
Betapa besarnya kekuatan kuasa kasih karunia Tuhan Yesus ini, karena oleh kasih karunia inilah kita diselamatkan, yaitu kitadibenarkan di hadapan Allah, kita menjadi ciptaan baru yang lama sudah berlalu yang baru sudah datang, kita dibangkitkan bersama Tuhan Yesus untuk beroleh hidup yang kekal, kita diberikan kuasa untuk menjadi anak-anak Allah.   2). Kasih karunia Tuhan inilah satu-satunya yang dapat mengubah hidup kita. 
1 Korintus 15:9-10 Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah. Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku. 1 Timotius 1:13-16 aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.  Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus. Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: "Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa," dan di antara mereka akulah yang paling berdosa. Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.
Rasul Paulus  menyadari bahwa oleh karena kekuatan kasih karunia Tuhanlah hidupnya diubahkan, dari seorang yang paling berdosa menjadi seorang rasul besar yang mengubah hidup banyak orang menjadi percaya dan banyak orang mendapatkan hidup yang kekal. Rasul Paulus menjelaskan bahwa dirinya menaruh percaya kepada kasih karunia Tuhan, bukan percaya (bangga) kepadahal-hal yang lahiriah (dibaca: Filipi 3:1-11).
1 Korintus 1:26-29 Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.  Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan Allah.
Kasih karunia Tuhan itu telah mengubah Rasul Paulus dan juga hidup kita, namun demikian Rasul Paulus mengingatkan kita juga bahwa jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah.    3). Kasih karunia Tuhan inilah yang memberi kita kekuatan untuk menanggung beban yang berat dan berhasil menyelesaikan tugas panggilan hidup kita.
1 Korintus 15:10 Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.
Rasul Paulus, seorang yang tidak pernah menolak dan menyia-nyiakan kasih karunia Tuhan. Ia seorang yang rendah hati dan mengerti betapa pentingnya kasih karunia Tuhan. 
Matius 11:28-29 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
Rasul Paulus mengerti dan menghayati akan perkataan Tuhan Yesus di dalam Matius 11:28-29, sehingga Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus itu bukan hanya mengubah hidupnya tetapi juga membuat dia menjadi sanggup menanggung beban yang berat dan berhasil menyelesaikan panggilan hidupnyasampai pada garis akhir.
 
4). Kasih karunia Tuhan inilah yang memberi kita kuasa untuk menjauhkan diri dari kekecewaan dan kepahitan.
Ibrani 12:15 Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.
Kasih karunia Tuhan inilah yang memberikan kita kekuatan dan kuasa untuk memelihara "anggur sukacita dan minyak damai sejahtera-Nya" sehingga kita tidak akan pernah menjadi kecewa dan pahit hati di dalam masa kesesakan. 
Wahyu 6 : 6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."
Oleh sebab itu, saat Anda mengalami pencobaan dan kesulitan jagalah supaya Anda tidak menjauhkan diri dari kasih karunia Allah supaya Anda tidak kecewa dan jangan tumbuh akar yang pahit, lalu menolak Tuhan (Lukas 7 : 23). Setiap kali Anda mengalami pencobaan dan kesulitan dalam hidup Anda, ingatlah akan janji Tuhan ini bahwa pencobaan dan kesulitan hidup itu tidak melebihi kekuatan manusia.  Allah yang setia, Dia tidak akan membiarkan Anda dicobaimelampaui kekuatan Anda. Dan Dia akan memberikan kepada Anda jalan keluar, sehingga Anda dapat menanggungnya. Inilah yang disebut dengan Kasih Karunia Tuhan (1 Korintus 10:13). Rasul Paulus mengalami banyak tekanan dan masalahdalam kehidupannya yang dapat membuat dirinya menjadi semakin lemah. 
Rasul Paulus pernah berdoa untuk pergumulannya itu, dan Tuhan berkata, "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." (2 Korintus 12:9).  .
Apabila Anda semakin mengenal Tuhan (bertumbuh dewasa), Anda akan menyadari bahwa kasih karunia Tuhan Yesus Kristus itu jauh lebih penting daripada sekedar jawaban doa yang tidak sesuai dengan rencana Allah bagi hidup Anda.   Langkah-langkah untuk hidup di dalam Kasih Karunia Tuhan Yesus Kristus. 
Keluaran 33:16 Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?" Ibrani 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat danmenemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. 1 Timotius 1:14 Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.
Jika kita membutuhkan kasih karunia Tuhan Yesus Kristus; Kita harus datang kepada Tuhan dengan IMAN dan kita harus MENGASIHI Tuhan dengan menyesuaikan prioritas hidup kita sesuai dengan firman Tuhan.    Ada beberapa tindakan prioritas yang harus dilakukan untuk menumbuhkan iman kita kepada Tuhan supaya kita bisa hidup di dalam kasih karunia Tuhan Yesus Kristus:
  1. Prioritas utama Kerajaan Allah dan kebenaran 
Matius 6 : 33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
  1. Utamakanlah perdamaian dan persahabatan 
Matius 5 : 24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.
  1. Milikilah kuasa Roh Kudus.
Markus 3 : 27 Tetapi tidak seorangpun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnyadahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu.
  1. Kasihilah Tuhan dengan segenap hati.
Matius 22:37-38 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
  1. Hiduplah dengan hati nurani yang murni (Matius 23:25-26).
Matius 23:25-26 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan. Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih.
  1. Bersekutu dengan keluarga rohani (Yohanes 20:19, Ibrani 10:25).
Yohanes 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"
  1. Berilah Tuhan apa yang menjadi milik-Nya.
Ulangan 26 : 2 maka haruslah engkau membawa hasil pertama dari bumi yang telah kaukumpulkan dari tanahmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan haruslah engkau menaruhnya dalam bakul, kemudian pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana. Amsal 3:5-6 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
Ayat firman Tuhan di atas menjelaskan bahwa apabila kita mengutamakan Tuhan (percaya dan mengakui Tuhan dalam segala lakukita), maka Dia akan meluruskan jalan kita (kasih karunia Tuhan). 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.