KUASA PENGAMPUNAN

KUASA PENGAMPUNAN
1 Yohanes 3:8
barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri- Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan- perbuatan Iblis itu.
 
Alasan Yesus datang ke dunia adalah untuk membinasakan perbuatan-perbuatan iblis. Perbuatan iblis itu antara lain: dosa dan kejahatan, sakit penyakit, kemiskinan, kekacauan, terorisme, perpecahan, kerusuhan, peperangan, bencana alam, kematian.
 
Bagaimana Yesus membinasakan perbuatan-perbuatan iblis?
Yesus membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis dengan memberikan pengampunan atas dosa dunia oleh kematian-Nya di kayu salib.
Saat Tuhan Yesus berada di atas kayu salib, Ia berdoa bagi kita: “Ya Bapa, ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” (Lukas 23:34).
 
2 Korintus 5:21
Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.
Yesus, yang tidak pernah mengenal dosa menjadikan dirinya sebagai pengganti bagi kita yang seharusnya dijatuhkan hukuman karena dosa dan kejahatan kita. Yesus menjadikan diri-Nya sebagai orang berdosa, dengan mati di salib di tengah-tengah penjahat.
Seluruh murka Allah atas dosa dunia ditanggungkan ke atas diri-Nya.
 
Roma 4:6-8
Seperti juga Daud menyebut berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya: “Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran- pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa- dosanya;  berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya.”
 
Kuasa Pengampunan Allah:
1. Ketika dosa diampuni maka penyakit kita disembuhkan (Markus 2:1-12).
 
Pengampunan dosa memiliki kuasa atas sakit penyakit. Ketika Tuhan mengampuni dosa dan pelanggaran Anda, pada saat yang sama Anda punya hak untuk menerima kesembuhan atas  penyakit Anda. Di sini pentingnya langkah pertobatan dan pengakuan dosa untuk menerima kesembuhan.
 
Ketika Yesus melihat iman keempat orang yang membawa sahabatnya yang lumpuh untuk disembuhkan, maka Yesus berkata kepada orang lumpuh itu: “Hai anak-Ku, dosa sudah diampuni!”
Markus 2:5
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!”
Selanjutnya Tuhan Yesus berkata kepada orang lumpuh itu: “Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah kerumahmu!” Maka orang lumpuh itu pun bangkit dan disembuhkan.
 
Markus 2:11-12
“Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” 12 Dan orang itupun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya: “Yang begini belum pernah kita lihat.”
Kisah seorang ibu mengalami susah melahirkan. Roh Kudus ingatkan kami bahwa dia memiliki kebencian terhadap suaminya dan dia harus mengampuni suaminya. Tuhan memberikan kemudahan persalinannya setelah ia berdoa dan mengampuni suaminya itu.
 
Amsal 28:13
Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi (Favor: kebaikan dan kemurahan Tuhan).
 
2. Ketika dosa diampuni maka doa kita penuh kuasa.
 
Mark 11:24-26
Karena itu Aku berkata kepadamu:apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.
Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan- kesalahanmu. ” (Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan- kesalahanmu.) Doa-doa Anda akan penuh kuasa jika Anda memiliki iman yang besar. Iman Anda akan bekerja secara efektif bilamana Anda memiliki hati yang mudah bertobat dan mudah mengampuni.
 
Menerima Pengampunan dari Allah itu adalah sesuatu penting sebab tanpa pengampunan, Anda tidak akan pernah berkenan kepada Allah.
Penyucian atas dosa harus diselesaikan oleh pengampunan. Tanpa penumpahan darah maka tidak akan ada pengampunan. Dan darah Yesus telah disediakan untuk pengampunan dosa-dosa dan pelanggaran kita.
Ibrani 9:22
Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.
 
Yohanes 1:29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
Pada saat Anda bertobat dan menerima pengampunan dosa, pada saat itu juga:
1. Allah tidak mengingat-ingat dan memperhitungkan dosa dan kesalahan kita.
Ibrani 10:17
dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka.”
 
2. Allah akan kembali menyayangi kita, menghapus kesalahan kita dan melemparkan segala dosa ke dalam tubir-tubir laut.
Mikha 7:19
Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.
 
3. Anda akan menerima berkat Abraham sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu, yaitu Roh Kudus.
Roma 3:23-24
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, 24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
Galatia 3:13-14
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”  Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.
4. Pengampunan Allah memberikan Anda kuasa untuk hidup di dalam sukacita dan damai sejahtera Allah sehingga Anda punya kuasa untuk menaklukkan Iblis d bawah kaki kita.
Roma 16:20
Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!
Rasul Paulus menjelaskan bahwa kuasa pengampunan Allah memberikan damai sejahtera, di dalam damai sejahtera Allah itu terkandung kuasa dan otoritas kepada kita untuk menaklukkan iblis di bawah telapak kaki kita. Tuhan Yesus membinasakan pekerjaan Iblis melalui orang percaya yang telah menerima pengampunan dosa dan hidup dalam damai sejahtera-Nya.
Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.